Tujuan Dan Fungsi PPS Kembang Wali
 

Friday, September 29, 2006

-Tujuan Dan Fungsi Perguruan Pencak Silat Kembang Wali-

PPS-Kembang Wali mempunyai tujuan yang bersifat khusus dan juga tujuan yang bersifat umum. Tujuan khusus PPS-Kembang Wali yaitu melestarikan kebudayaan asli bangsa Melayu, sedangkan tujuan umum PPS-Kembang Wali yaitu mewujudkan bangsa Melayu Singapura khususnya Pemuda/Pemudi Singapura yang beriman, cinta Tanah Air, berakal, berakhlak baik, mempunyai sifat kreatif yang tinggi serta melestarikan kebudayaan Melayu Singapura dan mempunyai fisik dan mental yang baik. Dan untuk mewujudkan tujuan tersebut, PPS-Kembang Wali berfungsi sebagai:

(1) Saranan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME(atas apa yg dianuti).
(2) Saranan untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa, negara dan agama.
(3) Wadah peningkatan ahlak dan mental generasi muda.
(4) Wadah pengembangan bakat dan kreativiti dalam bidang seni bela diri.
(5) Saranan olah raga Putra dan Putri Singapura sehat jasmani dan rohani.
(6) Saranan meningkatkan cintai dan melestarikan budaya Melayu Singapura.
(7) Saranan untuk menjalin hubungan yang lebih erat di antara sesama dan masyarakat sekitar.

Tingkatan di Kembang Wali-

Tingkatan di Kembang Wali berjumlah 5 tingkatan mulai dari dasar sampai tingkat pendekar. Setiap tingkatan ditandai oleh calet yang ada pada cindai seragam Kembang Wali.

Setiap tingkat di Kembang Wali memiliki target latihan yg berbeda, oleh karena itu cara latihan yg diberikan pun berbeda setiap tingkatnya. Aspek yg membedakan antara tingkat yg satu dan yg lainnya adalah: ketegasan, tenaga, kecepatan, pernafasan, pendalaman tehnik dan pelaksanaan tehnik.

- Tingkat Dasar calet kuning -

Tingkat Dasar I calet kuning bertujuan untuk memperkenalkan tehnik Kembang Wali secara garis besar. Pada tingkat Dasar, pesilat akan mempelajari :

· Langkah dasar Kembang Wali (Asas Melangkah)
· Jurus Asas
· Menumbuk
· Belebat
· Kembang 3
· Kembang 4
· Jurus wajib 1,2 dan 3
· Dasar dari sistem pertarungan Kembang Wali (Hindar Serang Serentak).
· Perkenalan tehnik Serangan (Tangan, kaki dan badan)
· Melatih arah terbaik dalam menghindari serangan lawan (Hindar Sendeng)
· Melatih Asas Olah Raga

- Tingkat Pertama calet merah dan hijau -

Tingkat Pertama adalah masa dimana pesilat akan mulai dilatih untuk melaksanakan tehnik dengan benar, tegas, bertenaga dan serius. Yg akan dipelajari pada tingkat ini adalah:

· Secara Khusus melatih kuda-kuda pesilat melalui tehnik asli Gerak Sambar Gledek 24 Jurus (langkah Sumbang).
· Melaksanakan Serang Hindar dengan pedoman yang benar.
· Memperkenalkan tehnik Serang Balas sebagai lanjutan pelajaran Serang Hindar.
· Mempelajari cara Pembelaan Diri.
· Secara Khusus melatih kuda-kuda pesilat melalui tekhnik asli Gerak Guntor 24 Jurus
· Melatih Olah Raga.

- Tingkat Kedua Calet Biru-

Pada tingkat inilah pesilat akan mempelajari tehnik Kembang Wali lebih dalam.

· Melatih penggunaan tenaga badan melalui tehnik asli Ci Macan.
· Melatih kelincahan dan fleksibiliti gerak tubuh melalui tehnik asli Ci Ular.
· Melatih kecepatan dan kelincahan melalui tehnik asli Ci Monyet.
· Mengaplikasikan penggunaan tehnik Serang Hindar, Serang Balas dgn pedoman yg benar.
· Aplikasi pembelaan diri.
· Melatih kecepatan dengan target minimal 1 detik 2 gerak (serentak).

Tingkat Pendekar Calet Hitam dan Cindai Hijau (Jurulatih) –

· Melatih pernafasan untuk menenang kan tubuh.
· Melatih tehnik yg telah dipelajari, namun dalam tahap mendalami dan menghayati ( 3 tingkatan dlm mempelajari tehnik : mempelajari, mendalami dan menghayati).
· Mempelajari senjata wajib: belati.

· Mempelajari senjata tambahan spt: Selengan,Toya, Golok, clurit, tekpi, kerambit dsb.
· Mendalami dan menghayati pelajaran senjata.
· Mendalami pedoman tehnik tingkat lanjut dan penerapannya.
· Pada tingkat ini, akan dipelajari penghayatan tehnik dan penggunaan tehnik yang halus/lembut namun berakibat bahaya bagi lawan.

Tidak semua aliran beladiri memberikan pelajaran senjata, tetapi semua aliran pasti mengajarkan bagaimana menghadapi lawan yg menggunakan senjata.

Ada satu hal penting yg perlu diingat dlm pelajaran senjata. Tujuan utama dari pelajaran senjata, bukanlah dengan menunjukan seberapa mahir kita memainkan suatu senjata. Namun lebih mengarah bahwa seorang anggota K.Wali yg telah menguasai tehniknya, dapat menggunakan benda apapun sebagai senjata..

-Sistem Pertarungan -

Inti pelajaran silat Kembang Wali terletak pada sistem pertarungan yang disebut dengan Serang Hindar. Dalam latihan serang hindar ini, dipelajari beberapa pedoman sbb:

- Menyerang -
Bagaimana membentuk serangan yg paling efektif, cepat, tepat dan bervariasi. Kecepatan dalam bergerak minimal adalah 1 detik 2 gerak (serentak).

- Menghindar -

Bagaimana cara menghindari serangan yg baik, dgn menmatikan gerak lawan. Yg dimaksud dengan, mematikan gerak lawan adalah: menghindar kearah dimana lawan akan susah/lambat untuk melakukan serangan berikutnya dan mempermudah kita untuk melakukan serangan balasan (langkah sendeng).

-Mematah-
Mempelajari gerakan mematah, menebang (tetakan) dan membuang serangan lawan. Setiap gerakan memiliki sasaran tertentu yg dapat membahayakan persendian lawan.

-Bela diri –
Beladiri adalah pelajaran tentang bagaimana melakukan pembelaan diri pada saat diserang lawan. Pembelaan diri dapat berupa tangan kosong melawan senjata ataupun senjata melawan senjata.

-Gempor –
Gempor adalah pelajaran tentang bagaimana membuat lawan kita tidak dapat bergerak dengan bebas, baik pada saat dia menyerang ataupun menghindar.

-Tehnik asli Kembang Wali-

Pendidikan tehnik asli di Kembang wali, diberikan berdasarkan tingkatan. Secara keseluruhan, tehnik asli dibagi menjadi dua bagian: Tehnik Manusia (Langkah Sumbang) dan Tehnik binatang. Pada saat seorang pesilat menempati tingkat kedua calet biru, maka mereka mulai diberikan pelajaran tsb. Dimulai dari tehnik yang membangkitkan kelincahan, kemudian dilanjutkan dengan tehnik yg mengkombinasikan kelincahan dan kekuatan, hingga sampai pada tehnik yang menyatukan kecepatan, kekuatan, perasaan dan hati.

-Tehnik Manusia -

Petrok

Petrok adalah sosok seseorang yang penuh dengan kebijaksanaan, rendah diri dan hati yg tunduk.
Dibandingkan dengan tehnik-tehnik binatang,Petrok merupakan tehnik yg cenderung untuk tidak menunjukkan kekuatan dirinya. Walaupun tenaga yg disalurkan saat menyerang sangat besar, tetapi sikapnya tidak mencerminkan kebuasan dan tunjuk diri. Tenaga yang digunakan hanya seperlunya saja dan hanya keluar pada saat menyentuh lawan.

-Tehnik Binatang-

Harimau

Harimau selalu mengamati mangsanya dengan seksama. Apabila sudah menentukan mangsanya, maka harimau akan melakukan perhitungan yang sangat tepat untuk memburu mangsa tersebut dengan cepat, tenaga penuh dan buas.

Tehnik Harimau adalah tehnik yang penuh dengan tenaga.Harimau dapat dikatakan sepenuhnya menggunakan tenaga yang teralir dari badan. Dalam menyerang dan menghindar, tehnik ini mengalirkan tenaga yg deras melalui perpindahan posisi tubuh badan.

Bentuk tanganya dapat digunakan untuk mencakar, memukul, mencengkam, mematah dan mengunci lawan. Serangan kaki yang dimiliki juga lebih bervariasi, baik untuk posisi merendah ataupun tegak. Dengan sasaran seluruh persendian dan titik lemah lawan, tehnik harimau selalu siap terhadap serangan balik lawan karena refleks yg dimilikinya.

Ular

Ular adalah jenis binatang yang berbisa. Mereka menggunakan patukan untuk menangkap mangsanya, bergerak dengan cepat dan terkadang mengangkat kepalanya saat berhadapan dgn musuh.

Sifat tersebut kemudian diserasikan terhadap anatomi tubuh manusia. Tehnik ular menggunakan ujung-ujung jari sebagai perlengkapan yang digunakan untuk menyerang lawan. Terkadang, tehnik ini juga menggunakan jari jemari dan pergelangan tangan dalam melumpuhkan lawan.
Sasaran yang dipilih umumnya adalah bagian lemah dari lawan seperti mata, leher, dan dagu. Tehnik ini juga boleh diserasikan untuk penggunaan senjata celurit. Sebagai pelindung, tehnik ular terkadang mengangkat kepalanya untuk memerisai dirinya dari serangan lawan.

Tehnik ular bergerak dengan cepat, ringan dan mudah, baik saat menghindar ataupun saat menyerang. Salah satu target yang diberikan dari latihan tehnik ini adalah kelincahan dan keseimbangan seorang pesilat dalam bergerak.

Monyet

Monyet adala jenis binatang yang lincah dan agresif.Mereka akan menyerang mangsa apapila terancam.
Dalam menyerang, tehnik ini melumpuhkan lawan dengan sasaran leher dan seluruh persendian. Dalam merusak persendian, tehnik ini tidak menggunakan tenaga dari tangan, tetapi lebih mengunakan badannya. Untuk menjatuhkan lawan,monyet memiliki tehnik sapuan luar dan dalam yang dikeluarkan pada saat posisi merendah.


-Pelajaran Kerohanian -


Seperti yg sudah diterangkan , pelajaran kerohanian di Kembang Wali adalah bertujuan untuk menciptakan individu K.Wali yg berbudi pekerti bersih. Anggota K.Wali diharapkan mempunyai kepercayaan diri yg kuat, berperangai lemah lembut, serta bijaksana dalam berpikir dan bertindak.

Pendidikan kerohanian itu sendiri dibagi dalam 2 bagian. Yg pertama pendidikan mental yg mendidik pesilat menjadi manusia yg bertawakal kpd Tuhan Yg Maha Esa,cekal, kesatria dan berbudi pekerti bersih. Dan yg kedua untuk memerisai diri dan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Keseimbangan antara pengetahuan silat dan kerohanian ini akan menjadikan anggota K.Wali waspada dan peka diri, tidak sombong, dan setiap saat sadar bahwa di atas segala-galanya ada Sang Pencipta. Kesimbangan ini akan mengarahkan manusia pada tujuan akhir yg paling suci, yaitu mengabdi kepada Allah swt Sang Pencipta.

- Meditasi -


Meditasi adalah latihan konsentrasi yang dapat digunakan untuk mempertajam tehnik dan meningkatkan kepekaan terhadap suasana sekitar. Seperti pernafasan, latihan Meditasi di Kembang Wali sudah dilakukan sejak tingkat dasar, namun tidak diterangkan secara detil kepada anggota. Setelah mereka memasuki tingkat kedua, meditasi juga diberikan melalui pelajaran kerohanian. Pada tingkat jurulatih, barulah latihan ini diterapkan ke tehnik, yg digunakan untuk merasakan jalannya ‘hawa/tenaga’ dalam setiap gerakan.

Penyatuan dari pernafasan, meditasi dan tehnik pada akhirnya akan disatukan pada tingkat tertentu. Bila seorang pesilat telah menguasai taraf ini, maka dipastikan bahwa pesilat tersebut akan memiliki budi pekerti yg bersih.
Jawa Tengah Kendal
 

Sunday, September 24, 2006



Perguruan Pencak Silat Kembang Wali yang berasal dari Jawa Tengah "Kendal" Indonesia.
Prestasi Pencak Silat Kembang Wali
 

Sunday, September 24, 2006

PRESTASI PENCAK SILAT KEMBANG WALI Dalam Kejuaraan Nasional, Pencak K.Wali mempunyai beberapa Pesilat yang dapat mengharumkan nama Perguruan jika digilap kebolehan mereka. Dalam Berbagai Event K.Wali akan memasang nama-nama Pesilatnya untuk berlaga di arena pertandingan, misalnya dari event "tanding" K.Wali akan selalu mengikutinya walaupun masih baru jika dibandingkan dengan perguruan lainnya, namun semangat juang Pesilat-pesilat K.Wali tidak akan surut, Hal ini dianggap sebagai keberhasilan yang tertunda selama tiga tahun bagi Pesilat itu sendiri. Event "seni", pula insyaAllah K.Wali akan menumpukan pada masa akan datang. Pesilat-pesilat K.Wali setakat ini belum lagi mewakili negara untuk mengikuti event SILAT di Luar Negeri. Prestasi inilah yang mendorong Pesilat-pesilat muda untuk berjuang dengan gigih dan berlatih dengan tekun, tak kenal lelah untuk mengejar Prestasi Seniornya, dan dapat mewakili Negara jika diberi peluang. Semoga saja K.Wali dapat berkembang dan "bangkit" kembali dan Pesilat-pesilat muda K.Wali dapat bergairah lagi untuk tetap BerPrestasi. Akhir kata, Semoga saja Pencak K.Wali juga tetap Jaya, HIDUP PENCAK SILAT KEMBANG WALI !!! HIDUP PERSISI !!! HIDUP SINGAPURA !!!

PESILAT ADALAH PERIBADI YANG BERBUDI PEKERTI LUHUR.

PESILAT ADALAH INSAN YANG MENGHORMATI SESAMANYA SERTA MENCINTAI PERSAHABATAN DAN PERDAMAIAN.

PESILAT ADALAH KESATRIA YANG MENEGAKKAN KEBENARAN, KEJUJURAN DAN KEADILAN SERTA TAHAN UJI DALAM MENGHADAPI COBAAN DAN DUGAAN.
Selamat Menyambut Ramadan Al-Mubarak
 

Sunday, September 24, 2006



Saya Razali Bin Hassan guru utama Pencak Silat Kembang Wali ingin mengucapkan selamat menyambut Ramadan Al-Mubarak kepada semua umat Islam muslimin dan muslimat, tak lupa juga kepada rakan seperjuangan silat yang sama-sama memperjuangkan seni bangsa. Kepada pendekar dan serikandi Kembang Wali, juga kepada waris pesilat terima kasih atas segala sokongan selama ini. Kepada pendekar Rizal Bin Farok yang berada di Australia semoga Allah memberi kekuatan bagi kita semua untuk menjalankan ibadah puasa pada Ramadan ini.

Amin Ya Rabbal Alamin.
Gelanggang Kami
 

Saturday, September 23, 2006



RockYou slideshow | View | Add Favorite
Majlis Kenduri
 

Saturday, September 23, 2006



RockYou slideshow | View | Add Favorite
Cuti Ramadhan
 

Friday, September 22, 2006

Sempena akan datangnya bulan Ramadhan pada 24hb September, pada tanggal 22hb September bertepatan pada 29 Nifsu Syaaban adalah tarikh akhir latihan silat bagi menghormati bulan yang mulia ini. Latihan akan dimulakan semula pada 3hb November. Selamat menyambut Ramadhan al-Mubarak dan selamat berpuasa semoga Allah swt menerima amalan dan memberkati segala usaha kita. Amin
IKRAR Kembang Wali
 

Wednesday, September 20, 2006

Bismillahir Rahman nir Rahim


Bahawasanya aku berikrar dan mengaku taat setia untuk menjadi murid dan ahli Silat Kembang Wali
Bahawasanya aku berikrar dan mengaku taat setia kepada Allah swt. Bahawasanya aku berikrar dan mengaku taat setia kepada Baginda Rasulullah saw.
Bahawasanya aku berikrar dan mengaku taat setia kepada ibu dan bapaku.
Bahawasanya aku mengaku taat setia kepada guru-guruku. Bahawasanya aku mengaku taat setia kepada saudara sepeguruan denganku.
Bahawasanya aku berikrar dan mengaku taat setia kepada negaraku.

Ya Allah ! Ya Tuhanku ! tunjukanlah aku jalan yang lurus jalan yang Kau redha’i bukan jalan yang Kau murka’i.
Ya Allah ! Ya Tuhan ku ! Kau tetapkanlah imanku, kau lindungikanlah aku daripada malapetaka jin dan iblis dan juga manusia yang berniat khianat atas diriku dan negaraku.
Inilah ikrar taat setia diriku pada perguruanku dan negaraku.
Amin ! Amin ! Ya Rabbal Alamin.
Majlis Makan Bersama Pesilat
 

Saturday, September 16, 2006




RockYou slideshow | View | Add Favorite
Persembahan Silat Di Majlis Perkahwinan
 

Saturday, September 16, 2006




RockYou slideshow | View | Add Favorite
Uji Tanding Singapura dan Johor
 

Saturday, September 16, 2006

Syabas kepada pesilat Singapura yang memungut markah tinggi mengatasi pesilat dari Johor dalam uji tanding bersama dua negara pada 9hb September 2006.Terutama pesilat dari Kembang Wali yang pertama kali diuji tanding persahabatan bersama negeri Johor dalam ketegori remaja.

  • Muhammad Isfahani Bin Isnin (Menang Tanding: 2-1)

  • Siti Nadia Malisa Bte Jumat (Menang Tanding: 3-0)

  • Sharifah Syaza Bte Syed Mokhsin (Menang Tanding: 3-0)



Ambil pisau raut rotan, Hendak dibuat bakul salang,
Jaguh muda ayam tambatan, Tahan diuji gagah berjuang.
Pesta Silat Kebangsaan (PSK) 2006
 

Saturday, September 09, 2006

Pesilat yang memenangi pertandingan di PSK 2006

  • Sharifah Syaza Bte Syed Mokhsin (Kategori Tanding Remaja Puteri: Pingat Emas)

  • Muhammad Ali Dzulfiqar Bin Razali (Kategori Tanding Pra-Remaja Putra: Pingat Perak)

  • Ahmad Ibrahim Bin Alpan (Kategori Tanding Remaja Putra: Pingat Perak)

  • Muhammad Isfahani Bin Isnin (Kategori Tanding Pra-Remaja Putra: Pingat Gangsa)

  • Siti Nadia Malisa Bte Jumat (Kategori Tanding Pra-Remaja Puteri: Pingat Gangsa)


Pesilat-pesilat yang turut menimba ilmu mengikuti latihan di Persekutuan Silat Singapura (PERSISI) National Team.

  • Muhammad Ali Dzulfiqar Bin Razali

  • Muhammad Fikri Bin Ramli

  • Muhammad Isfahani Bin Isnin

  • Syarifah Syaza Bte Syed Mokhsin

  • Siti Nadia Malisa Bte Jumat


Alang-alang seluk pekasam, biar sampai ke pangkal lengan.
Tanda Kesyukuran
 

Saturday, September 09, 2006

Sempena tanda kesyukuran setelah melalui pertandingan yang lalu di PSK 2006. Kami akan mengadakan pertemuan bersama pesilat di Kampung Melayu pada 10hb September 2006,jam 4.30 ptg. Terima kasih kepada pesilat yang terlibat dan semua yang menjayakan usaha ini, kami akan mengadakan majlis makan bersama untuk mengeratkan lagi siratulrahim antara kita.
Silat Instructor Seminar
 

Saturday, September 09, 2006

Persekutuan Silat Singapura akan mengadakan Silat Instructor Seminar bersama Persatuan Rakyat (People's Association) pada 10hb September 2006. Pada jam 9.30 pagi hingga 3.30 petang bertempat di Joo Chiat Community Club Theatre, 450 Joo Chiat Road.